Sejak kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, 9 Mei lalu, sejumlah aksi terorisme terjadi secara simultan. Tanggal 12 Mei ada aksi teroris di Cianjur, di tiga lokasi gereja di Surabaya, dan di Sidoarjo. Keesokan harinya Surabaya kembali diguncang aksi teror. Kali ini terjadi si Malpotabes Surabaya. Hingga sehari menjelang Bulan Suci Ramadhan, masih terjadi beberapa aksi teror di daratan Sumatera.
Ketika kelompok teroris al-Qaeda, pimpinan Osama bin Laden, menyerang beberapa titik di Amerika Serikat pada 11 September 2001, ditambah dengan serangan teroris kelompok Imam Samudra, Amrozi, dkk di beberapa lokasi di Bali pada 12 Oktober 2002, sontak agama islam dinilai dan divonis sebagai agama teroris. Penilaian dan vonis itu bukannya tanpa alasan. Semua pelaku terorisme adalah umat islam dan mendasarkan aksinya pada ajaran islam. Keislaman melekat erat pada diri setiap teroris. Akan tetapi, tak sedikit juga tokoh islam membela dan menyatakan bahwa serangan itu bukan karya islam. Ada juga yang membela dengan mengatakan agama islam telah dibajak para teroris. Dan segudang pembelaan serta rasionalisasi diri.
Dewasa ini, jika mendengar kata ‘kafir’ tentulah orang sudah tahu dari mana sumbernya. Tak dapat disangkal bahwa kata tersebut berasal dari mulut orang islam. Dapat dipastikan hanya umat islam yang mempunyai kebiasaan mengkafir-kafirkan umat agama lain. Sekalipun beberapa tokoh islam sudah mengajak umatnya untuk tidak menggunakan kata itu, tetap saja kata itu tak bisa hilang dari edaran.
Komentar
Posting Komentar